Kamis, 02 Juni 2011

MANUSIA DAN HARAPAN


TIK :
   -Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian harapan
   -Mahasiswa dapat menjelaskan tentang kepercayaan

Pengertian Harapan
   Harapan ialah keinginan yang ingin dicapai oleh hati kita dan harapan adalah sesuatu yang membuat kita biasanya bertahan didalam rintangan."harapan yang ada di pikiran anda adalah gambaran masa depan, berharaplah dengan penuh keyakinan, maka harapan anda akan datang kepada anda dengan penuh keyakinan pula"
  Apa yang kita inginkan atau kita kehendaki terjadi pada masa mendatang, harapan pulalah yang dapat menjadi semangat dalam menjalani hidup.salah satu tujuan manusia hidup adalah mewujudkan apa yang menjadi impian atau harapannya agar menjadi kenyataan.
Setiap manusia mempunyai harapan. Manusia yang tanpa harapan, berarti manusia itu mati dalam hidup karena harapan sangat erat hubungannya dengan cita-cita manusia. Harapan tersebut tergantung pada pengetahuan, pengalaman, lingkungan hidup, dan kemampuan masing-masing. Berhasil atau tidaknya suatu harapan tergantung pada usaha orang yang mempunyai harapan. Harapan harus berdasarkan kepercayaan, baik kepercayaan pada diri sendiri, maupun kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Agar harapan terwujud, maka perlu usaha dengan sungguh-sungguh. Manusia wajib selalu berdoa. Karena usaha dan doa merupakan sarana terwujudnya sebuah harapan.
Adapun contoh-contoh harapan, antara lain:
1. Harapan sejati, dan
2. Harapan kosong
 Menurut Maslow sesuai dengan kodrat dan dorongan kebutuhan hidup itu maka manusia mempunyai harapan. Pada hakekatnya harapan itu adalah keinginan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Sesuai dengan kodratnya harapan manusia atau kebutuhan manusia itu adalah :
1. kelangsungan hidup
2. keamanan
3. hak dan kewajiban mencintai dan dicintai
4. diakui lingkungan
5. perwujudan cita-cita
Pengertian Kepercayaan
   Kepercayaan berasal dari kata percaya artinya mengakui atau menyakini akan kebenara.Kepercayaan adalah hal-hal yang berhubungan dengan pengakuan atua keyakinan akan kebenaran.Dasar kepercayaan itu adalah kebenaran,kebenaran atau benar amat penting bagi manusia.setiap orang mendambakannya karena ia mempunyai arti khusus bagi hidupnya ia merupakan focus dari segala fikiran,sikap dan perasaan dalam tingkah laku,perbuatan manusia selalu hati2 agar mereka tidak menyimpang dari kebenaran.




Nama : Angger Istyo Prananto
Kls     : 1 ka 29
Npm   : 10110813



Tidak ada komentar:

Posting Komentar