Kamis, 10 November 2011

TIPE-TIPE STRUKTUR ORGANISASI



Struktur organisasi itu sendiri merupakan bagaimana pekerjaan dibagi, dikelompokkan, dan dikoordinasikan secara formal. Ada beberapa tipe struktur organisasi, diantaranya adalah :

a). Struktur Tradisional

Struktur ini berdasarkan fungsi divisi dan departemen. Ini adalah jenis struktur yang mengikuti aturan dan prosedur organisasi. ciri-cirinya dengan memberikan garis otoritas yang jelas di seluruh level manajemen.

b). Struktur Lini

Merupakan jenis struktur yang memiliki lini perintah yang sangat spesifik. Persetujuan dan perintah dari jenis struktur ini berasal dari atas ke lini yang bawah. Struktur ini sesuai untuk organisasi yang kecil seperti kantor akunting atau kantor hukum. Jenis struktur seperti ini memudahkan pengambilan keputusan, dan bersifat informatif. Mereka memiliki departemen yang lebih sedikit, yang membuat seluruh organisasi sangat desentralisasi.

c). Struktur Lini & Staff

Kombinasi dari organisasi lini dan organisasi fungsional. Pelimpahan wewenang dalam organisasi ini berlangsung secara vertikal dari seorang atasan pimpinan hingga pimpinan dibawahnya. Untuk membantu kelancaran dalam mengelola organisasi tersebut seorang pimpinan mendapat bantuan dari para staf dibawahnya. Tugas para staf disini adalah untuk membantu memberikan pemikiran nasehat atau saran-saran, data, informasi dan pelayanan kepada pimpinan sebagai bahan pertimbangan untuk menetapkan suatu keputusan atau kebijaksanaan.

d). Struktur Fungsional

Yaitu struktur organisasi dimana pembagian divisinya berdasarkan fungsinya masing-masing. Berikut adalah beberapa penjelasan tentang tipe ini:

Fokus pada pembagian tugas berdasarkan fungsi bagiannya masing-masing.
Komunikasinya menggunakan bottom-top communication, sehingga kontrol atasan terhadap bawahan lebih mudah, sederhana dan tidak berulang-ulang.
Masing-masing bagian cenderung hanya fokus pada bidang kerja masing-masing dan komunikasi antar bagian cendetung kurang terbuka.
Pergerakan dan komunikasi kurang tiap-tiap bagian masih tersekat-sekat.
Biasanya ditemukan pada organisasi-organisasi yang memproduksi barang.

Nama                 : Angger Istyo Prananto

Kelas                 : 2 ka 25

Npm                  : 10110813

Tidak ada komentar:

Posting Komentar