Minggu, 14 Oktober 2012

Artificial Inteligence


ARTIFICIAL INTELIGENCE

( ANN )


Mungkin banyak yang belum mengetahui tentang peranan serta arti artificial intelegence, oleh dari itu saya akan menjelaskan sedikit tetang Artificial Inteligence.


1.         Merupakan jaringan saraf tiruan merupakan cabang ilmu multi disiplin yang meniru cara kerja otak makhluk hidup. Salah satu struktur yang dapat ditiru adalah bentuk neuronnya (Sel saraf). Jaringan saraf tiruan dapat menyelesaikan persoalan yang rumit atau tidak mungkin jika di selesaikan dengan menggunakan komputasi secara profesional.
Dengan melakukan proses belajar jaringan saraf tiruan dapat memodifikasi tingkah laku sesuai dengan keinginan keadaan lingkungannya. Jaringan saraf juga  dapat mengatur dirinya untuk menghasilkan suatu respon yang konsisten terhadap rangkaian masukan. Jaringan saraf tiruan (JST) dirancang dan dilatih untuk memiliki kemampuan, seperti yang dimiliki oleh manusia.

2.         Pengertian ANN (Jaringan Saraf Tiruan)
Adalah sistem komputasi dimana arsitektur dan operasi di ilhami dari pengetahuan tentang sel saraf biologi di dalam otak. ANN (Jaringan Saraf Tiruan) merupakan model yang meniru cara kerja jaringan neural biologis.

3.         Otak sebagai pengolah sistem informasi otak manusia (Hewan) terdiri atas sel-sel yang disebut neuron. Dibandingkan dengan sel-sel lain yang selalu mereproduksi dirinya, kemudian mati, neuron memiliki keistimewaan yaitu tidak mati. Hal ini menyebabkan informasi yang tersimpan di dalamnya dapat bertahan.
            Diperkirakan otak manusia terdiri atas 109  neuron dan terdapat 100 jenis neuron yang telah diketahui neuron-neuron ini terbagi atas grup-grup (disebut jaringan) yang dibedakan atas fungsinya dan setiap grup mengandung ribuan neuron yang saling berhubungan dengan demikian dapat disimpulkan bahwa otak merupakan kesimpulan dari jaringan-jaringan neuron.
            Kecepatan proses setiap jaringan ini sebenarnya jauh lebih kecil dibandingkan dengan kecepatan proses komputer yang ada pada saat ini. Namun karena otak terdiri atas jutaan jaringan yang bekerja secara paralel (simultan), maka otak dapat mengerjakan pekerjaan yang jauh lebih kompleks dibandingkan dengan apa yang dapat dikerjakan oleh komputer yang semata-mata hanya dapat mengandalkan kecepatan.

 Struktur pemrosesan paralel ini merupakan bagian lain yang menarik dari jaringan neural dan juga dapat ditiru untuk di implementasikan pada komputer.


Gambar diatas menunjukan hubungan antara neuron pada otak. Pada gambar itu terdapat bagian-bagian :
Ø  Dendrit yang berfungsi sebagai saluran masukan bagi neuron
Ø  Nucleus merupakan inti dari suatu neuron
Ø  Axon berfungsi sebagai saluran keluaran dari neuron
Ø  Synapsis untuk mengatur kekuatan hubungan antar neuron

4.         Perbedaaan antara ES (Expert System) dengan ANN
A.Expert System (ES)
·         Dalam pemecahan masalah membutuhkan bantuan programmer
·         Knowledge dibuat oleh programmer, sehingga knowledge dapat ditelusuri proses pembuatannya.
·         Sample yang diinputnya cacat tidak dapat menghasilkan output
B.ANN (Artificial Inteligence)
·         Dapat memecahkan masalah atau kasus yang rumit tidak dapat dilakukan oleh ES
·         Knowledge terbentuk dengan sendirinya
·         Dapat mengolah input walaupun inputnya cacat 

5.         Arsitektur ANN
            Istilah neuron dapat memiliki beberapa masukan dan mempunyai suatu keluaran. Jalur masukan pada suatu neuron bisa berisi data mentah atau data hasil neuron sebelumnya sedangkan hasil keluaran suatu neuron dapat berupa hasil akhir atau berupa bahan masukan bagi neuron berikutnya jaringan.
            Neuron buatan terdiri atas kumpulan grup dengan lapisan. Gambar 2 dibawah ini menunjukan struktur umum jaringan saraf buatan yang bersifat feed forward (Data yang diproses 1 arah).




Nama    : Angger Istyo Prananto
Npm     : 10110813
Kelas    : 3 ka 25



Tidak ada komentar:

Posting Komentar