Selasa, 23 Oktober 2012

PERSAHABATAN



Persahabatan, pertemanan suatu kalimat yang menyatakan tentang, menjalin suatu ikatan antar teman, baik wanita maupun pria tanpa mengenal perbedaan jabatan, tingkatan,agama,ras atau suku dan lain-lain.  Ikatan yang dimaksud disini bukan merupakan ikatan yang sebagaimana suami-istri melainkan ikatan batin yang sama dan sejalan. Sahabat menurutku ialah orang yang bisa ada disaat kita sedang senang, susah dan membutuhkan bantuan, dapat dipercaya,saling terbuka dan menolong tanpa pamrih sehingga menjadi BENAR-BENAR sahabat. Karena ideologi manusia tak lepas dari rasa saling tolong menolong dan saling membutuhkan, kita sebagai manusia membutuhkan teman yang bisa diajak curhat,bercanda dan disaat serius teman atau sahabat juga menjadi orang yang dapat menjadi bagian dari diri kita. Menurut saya perbedaan antara teman dan sahabat adalah jika teman adalah orang yang selalu ada dimana-mana tanpa mengenal tempat dan waktu teman bisa dicari. 

Sedangkan sahabat bisa ditemukan jika kita dan teman kita itu sudah saling mengenal diri kita masing-masing, bagaimana kita atau dia, dan tentunya orang yang dijadikan sebagai BENAR-BENAR sahabat adalah bagaimana dia menghargai kita dan kita menghargai dia saat  kita. yang namanya sahabat sejati akan berjalan bersama menghadapi berbagai macam persoalan kita dan dia, dengan menggabungkan saran-saran yang bisa diambil sebagai jalan terbaik dalam menghadapi masalah yang ada di luar lingkup diri kita maupun di dalam lingkup diri kita dan pastinya siap membantu meskipun terkadang menghasilkan sesuatu opini yang dapat diterima atau hanya saran yang malahan bisa memperkeruh keadaan atau membuat masalah baru, setidaknya masalah yang begitu berat atau sudah tak bisa di tampung sendirian lagi dapat terluapkan keluar dari dalam hati. 

Tentunya kita sebagai sahabat juga harus menghargai dan membantu dia jika ia dalam kesusahan dan sedang dirundung masalah. kita sebagai sahabat mereka juga bisa memberikan saran-saran atau opini kita saat sahabat kita sedang kesusahan dalam masalah yang sedang dihadapinya, intinya kita dan sahabat kita bisa saling terbuka misal “gimana sih dia orangnya atau oh dia itu sifatnya begini” jadi kita bisa saling mengisi  kelemahan dia dan dia juga dapat mengisi kelemahan kita. Bersyukurlah jika kalian dapat mempunyai sahabat yang BENAR-BENAR sahabat. Karena pepatah mengatakan mencari satu orang yang BENAR-BENAR sahabat itu susah dibandingkan mencari 1000 musuh.. 

Nama   : Angger Istyo Prananto
Npm    : 10110813
Kelas   : 3 Ka 25



Tidak ada komentar:

Posting Komentar