Sabtu, 06 Oktober 2012

SEPAK TERJANG BAHASA DI INDONESIA


"Satu nusa satu bangsa satu bahasa kita,tanah air pasti jaya untuk INDONESIA.."

Itulah sepenggal lagu "Satu nusa satu bangsa" yang mengisaratkan tentang keragaman suku dan bahasa yang ada di tanah air indonesia. Ngomong-ngomong soal bahasa, bahasa banyak yang digunakan oleh seluruh masyarakat indonesia tanpa terkecuali bahasa daerah. Daerah indonesia sangatlah banyak dan beragam oleh karena itu banyak bahasa daerah yang berbeda-beda pengucapannya dan penghafalannya. Namun dibalik itu arti dari bahasa mereka adalah sama, yaitu agar mereka bisa saling mengerti satu sama lainnya dan mempermudah mereka dalam bersosialisasi dengan menggunakan bahasa yang mereka gunakan.

ngomong-ngomong tentang bahasa indonesia, bahasa indonesia di luar negri tuh perjalanannya berat. maksudnya berat disini nih sulit untuk di akui dan dibuat untuk menjadi bahan pembelajaran. tetapi ada juga negara luar yang sudah mengakui bahwa bahasa indonesia akan mereka akui sebagai bahasa no "2" di dunia. check this out kisah pendeknya..

Di Australia, bahasa Indonesia menjadi bahasa populer keempat di mana tercatat sekitar 500 sekolah yang mengajarkan bahasa Indonesia.  Pernyataan sejumlah intelektual Australia terhadap masa depan ekonomi Indonesia sungguh sangat membanggakan. Secara tulus mereka mengakui bahwa pada 2025 ekonomi Indonesia akan sejajar dengan Australia dan pada 2040 Indonesia akan lebih maju dari Austraia. Tanpa kenal lelah para cendekiawan itu menyuarakan pentingnya posisi Indonesia dalam Abad Asia. Untuk itu kami sampaikan terima kasih kepada para ahli Indonesia dari kampus-kampus Australia yang telah membuat studi Indonesia tetap bertahan dan semakin  meningkat, Salah satu contoh adalah kesediaan manajemen Universitas La Trobe untuk tetap mempertahankan studi bahasa Indonesianya, merupakan hal yang sangat kita syukuri, saat ini. Kemudian kami juga menyampaikan apresiasi yang tinggi atas diturunkannya status travel advisory oleh pemerintah Australia.
Hal ini akan lebih meningkatkan people-to-people contact dari berbagai kalangan. Saling kenal di antara dua bangsa yang berbeda memang berakar pada bahasa. Dengan semakin banyaknya kesempatan generasi muda Australia untuk mempelajari bahasa Indonesia, tentu akan semakin mempermudah bagi mereka dalam memahami keragaman Indonesia.

Sementra itu di Vietnam, sejak akhir 2007, Pemerintah Daerah Ho Chi Minh City telah mengumumkan secara resmi bahasa Indonesia menjadi bahasa kedua. Jadilah Vietnam sebagai anggota ASEAN pertama yang menetapkan bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi kedua di negaranya. Bahasa Indonesia di Vietnam disejajarkan dengan bahasa Inggris, Prancis, dan Jepang, sebagai bahasa kedua yang diprioritaskan.

dan juga di benua Afrika, Mesir tercatat sebagai negara yang paling utama mengembangkan bahasa Indonesia. di negara yang paling pertama mengakui kemerdekaan dan kedaulatan Indonesia itu baru saja dibangun Pusat Studi Indonesia. Pusat Studi ini ada di Suez Canal University, dan merupakan langkah awal untuk lebih mendalami Indonesia dari semua aspek, mencakup ideologi, politik, sosial dan budaya, ekonomi dan pertahanan keamanannya.

Sebenarnya bahasa Indonesia sudah populer didunia. Lebih dari 45 negara di dunia menerapkan pelajaran bahasa Indonesia. Beberapa diantaranya adalah Australia, Jepang, Vietnam, Mesir, dan Italia hal tersebut dinyatakan oleh Pejabat Kementerian Luar Negeri Indonesia. Tak perlu malu atau pesimis terhadap bahasa Indonesia bagi orang Indonesia sendiri, karena bahasa Indonesia tak kalah menarik dibanding bahasa asing lainnya. Hal ini membuat bahasa Indonesia masuk ke dalam peringkat 10 besar bahasa yang paling banyak digunakan di seluruh dunia.

Tugas 1.
Nama  : Angger Istyo Prananto
NPM  : 10110813
Kelas  : 3 ka 25

Tidak ada komentar:

Posting Komentar